Buah unik di Kalimantan

Assalamualaikum wrb wb.

Sudah 9 bulan lebih saya dan suami mengabdi di pelosok Kalimantan Utara.

Berbagai macam buah buahan unik khas Kalimantan sudah kami temui. Semuanya pemberian warga. Alhamdulillah.

Ada buah durian khas Kalimantan. Namanya buah Lai. Warnanya orens terang, warna kulitnya juga orens. Untuk ukurannya lebih kecil dibanding buah durian biasa. Wangi buah Lai gak setajam buah durian. Begitu juga rasanya, terasa lebih hambar.

Menurutku sih buah durian biasa lebih enak hehehe 😁

Cara tahu buah Lai ini sudah mateng atau belom, kulitnya dibungkus kain tebal, dan diinjak-injak. Kalo kulit terbuka sendiri, berarti buah Lai sudah mateng.

Ada juga buah rambutan yang warnanya hitam. Awalnya saya heran, kok diberi satu kantong plastik rambutan yang busuk.

Ternyata oh ternyata, emang warna rambutannya begitu 😂

Nama buah rambuatan ini Maritam, sesuai sama warnanya yang hitam pekat.

Semakin hitam buahnya, semakin manis rasanya.

Buah unik lainnya yang saya temui, mangga khas Kalimantan. Saya lupa namanya. Baunya sangat menyengat lebih dari buah mangga.

Ukurannya besar dan bisa semakin besar hampir menyamai buah semangka kata warga.

Nah semakin besar buah mangga khas Kalimantan ini, semakin manis pula rasanya. Sayangnya kita dapet buah yang ukuran kecil. Jadi rasanya masih asem.

Buah mangga ini punya serat yang lebih banyak. Jadi suka nyangkut-nyangkut di gigi 😅

Nah itu dia macam-maam buah yang saya dan suami temui di Kalimantan.

Semoga ada buah-buah selanjutnya yang bisa saya share disini.

Wassalamualaikum wr wb.

dr. Lidya Hapsari

Komentar

Postingan Populer